Kamis, 28 November 2013

3D MODELLING

Dalam komputer grafis 3D, 3D modeling adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan tiga dimensi dari obyek (baik mati atau hidup) melalui perangkat lunak khusus. Produk ini disebut sebagai model 3D. Hal ini dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering, Model ini juga dapat dibuat menggunakan perangkat pencetakan 3D, model dapat dibuat secara otomatis atau manual. Proses pemodelan manual geometris mempersiapkan data untuk komputer grafis 3D mirip dengan seni plastik seperti mematung. 
Baru-baru ini, konsep-konsep baru dalam pemodelan 3D sudah mulai muncul. Baru-baru ini, sebuah teknologi baru yang berangkat dari teknik tradisional mulai muncul, seperti Curve Controlled Modeling .

Jenis Model 3D

NURBS Surface
adalah model permukaan halus yang diciptakan melalui penggunaan kurva Bezier (seperti versi 3D dari alat pena MS Paint). Untuk membentuk permukaan NURBS, artis menarik dua atau lebih kurva dalam ruang 3D, yang dapat dimanipulasi dengan menggerakkan menangani disebut kontrol vektor (CV) sepanjang sumbu x, y, atau z. model ini paling sering digunakan dalam pemodelan untuk rekayasa dan desain otomotif.

Polygonal Model
adalah bentuk paling umum dari model 3D ditemukan dalam animasi, film, dan industri game.
Model Polygonal sangat mirip dengan bentuk geometris seperti sebuah kubus geometris dasar, model poligonal 3D terdiri dari wajah, tepi, dan simpul.


Ada satu komponen yang lebih dari model 3D yang perlu ditangani:
Tekstur dan Shaders:
Textur dan Shaders pada pemodelan 3D sangat penting karena ini merupakan salah satu komponen yang membuat model terlihat menarik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar